Penyebab keputihan pada wanita yang sangat mengganggu



Keputihan pada wanita


Pengertian Keputihan 

Keputihan pada wanita sering terjadi menjelang menstruasi dan sesudah menstruasi. Kondisi lain yang mungkin terjadi juga bisa menimbulkan keputihan kapan saja. Keputihan juga dipengaruhi oleh faktor pikiran fisik dan mental seseorang.

Keputihan yang normal merupakan hal yang wajar karena di bagian dinding pada organ wanita ( vagina ) dan leher lahir ada kelenjar yang memproduksi cairan agar organ wanita terjaga dengan baik. Keputihan yang normal tidak memerlukan obat kusus, kecuali ada indikasi yang mungkin mengharuskan menggunakan obat.

Namun keputihan yang berbau, berwarna dan tidak kunjung menghilang serta disertai bau yang busuk sering mengganggu wanita. harus diwaspadai karena mungkin ada gejala penyakit lain yang mungkin timbul dari keputihan

Keputihan pada saat hamil juga merupakan hal yang normal karena ketidakseimbangnya hormone dalam tubuh sehingga menyebabkan keputihan yang normal seperti pada umumnya wanita normal,

PENYEBAB KEPUTIHAN PADA WANITA YANG SANGAT MENGGANGGU


PENYEBAB KEPUTIHAN PADA WANITA


Penyebab keputihan pada wanita 

Penyebab keputihan pada wanita, umumnya disebabkan oleh kurang menjaga kebersihan dan kelembaban vagina yang sering menimbulkan keputihan.

Sehingga vagina yang lembab akan menimbulkan keputihan, ketika keputihan beerangsur dan tidak terjga kelembabanya maka akan tumbuh jamur, bakteri yang dapat menyebabkan infeksi menular seksual

Keadaan tubuh yang kelelahan, kurangnya istirahat dan terlalu aktivitas padat, dan terlalu banayk pikiran menimbulkan stresss. Organ didalam tubuh manusia semua dikontrol oleh otak, maka ketika orang mengalami stress maka akan menyebabkan perubahan hormon – hormon yang menyebabkan keputihan.

Mengkonsumsi obat yang terlalu lama terutama antibiotic juga bisa meinmbulkan keputiha, karena, mengkonsumsi obat antibiotik lama akan menurunkan daya tahan tubuh dan aktivitas tubuh sehingga menjadi kebal.

Penggunakan KB hormonal juga menimbulkan keputihan, karena kandungan hormone menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada tubuh.

Keputihan pada wanita juga disebakan oleh Jamur Monilia dan Candidas, keputihan yang disebkan oleh jamur ini memiliki ciri yaitu keputihan berwarna putih susu, kental dan berbau busuk atau tidak sedap sehingga menimbulkan rasa gatal pada vagina.

Dan bisa menyebabkan penyakit kencing manis, Karena adanya peradangan dan kemerahan, namun menggunkan pil KB dan daya tahan tubuh yang rendah juga bisa memicu timbulnya keputihan. 

Keputihan pada wanita ini juga disebabkan oleh Parasit Trichomonas Vaginalis, Bakteri Garnella, dan Virus yang disebakan dari infeksi menular seksual,yang ditularkan kontak langsung dari penderita dari hubungn seksual.

Cara mengatasi keputihan 

Jaga kebersihan vagina agar tidak lembab dan tidak kotor.

Sering ganti celana dalam agar tetap bersih dan kering.

Pakailah celana dalam yang terbuat dari bahan katun agar menyerap keringat sehingga kelembaban terjaga.

Jaga kesehatan, olahrga teratur, istirahat dan makan – makanan yang bergizi buah dan sayur, namun harus mengurangi buah timun karna kandungan pada timun bisa menimbulkan keputihan. Jika keputihan tidak normal segera hubungi dokter untuk konsultasikan lebih lanjut .
Previous Post Next Post